Tugas Makalah Bahasa Indonesia - Penggunaan Bahasa Asing di Indonesia


BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang

Pada zaman yang semakin maju ini penggunaan bahasa asing adalah hal yang sudah biasa dikalangan pelajar , sudah banyak sekali bahasa-bahasa asing yang menjadi mata pelajaran dalam pendidikan dari mulai tingkat TK , SD , SMP , SMA , hingga PERGURUAN TINGGI. Bahasa inggris adalah bahasa asing yang di ujikan dalan ujian nasional di Indonesia. Saat ini ada beberapa bahasa asing yang ada dalam mata pelajaran di Indonesia diantaranya adalah , Bahasa INGGRIS, MANDARIN, ARAB, PRANCIS, JEPANG, KOREA dll. Para muda mudi sekarang ini sangant menggemari bahasa asing karena mereka menganggap bahwa bahasa asing itu keren. Anak yang mampu berbahasa asing akan dianggap sebagai anak yang gaul dan mengikuti tren. Seperti yang sedang santer dibicarakan yaitu bahasa KOREA , kata “Gamsahamida” dan “Saranghae” sudah tidak asing lagi di telinga kita, itu menandakan bahasa asing sekarang ini menjadi hal yang sangat diminati oleh para muda mudi di Indonesia. Disini saya akan membuat sebuah makalah yang membahas tentang “PENGGUNAAN BAHASA ASING DI KALANGAN ANAK MUDA INDONESIA”.




B.       Rumusan Masalah
1.      Apakah manfaat dari mempelajari bahasa asing ?
2.      Pentingkah kita mempelajari bahasa asing di era globalisasi ?
3.      Bahasa asing apasajakah yang paling populer ?

C.       Tujuan
1.      Untuk mengetahui manfaat dari belajar bahasa asing.
2.      Untuk mengetahui pentingnya mempelajari bahasa asing di era globalisasi.
3.      Untuk mengetahui Bahasa asing apasajakah yang paling populer.











BAB II
PEMBAHASAN

A.      Manfaat mempelajari bahasa asing
            Di era globalisasi ini mampu menguasai bahasa asing adalah suatu hal yang menjadi keharusan untuk kita saat ini  salah satunya adalah bahasa internasional yaitu bahasa inggris. Ada banyak manfaat mempelajari bahasa  inggris yaitu kita dapat menambah wawasan taraf internasional. Seperti yang dikatakan oleh stella Lestari Rore, S.Pd, MBA(2012)  “Sebagian besar Negara-negara di Asia juga menggunakan Bahasa Inggris sebagai ’Medium of Instruction’ ataupun menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua sesudah bahasa nasional mereka”.  Dan juga Bila Anda dapat berbahasa Inggris, maka Anda dapat berbicara dengan lebih dari 1,5 miliar orang di seluruh dunia. 

B.       Pentingnya mempelajari bahasa asing
Di era yang semakin maju Ini kita dituntut untuk menjadi orang yang berwawasan luas. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk mempelajari bahasa asing agar dapat mengikuti perkembangan dunia yang setiap detik dapat berubah Seperti yang dikatakan oleh Stella Lestari Rore, S.Pd, MBA(2012).
 Dalam dunia modern yang penuh dengan tantangan dan persaingan yang super ketat ini, setiap orang disarankan tidak hanya memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, namun juga dituntut ketrampilan khusus yang lazim kita sebut ‘skill’. Salah satu ’skill’ yang paling dibutuhkan saat ini adalah Bahasa Inggris.

C.       Bahasa asing mana yang paling populer
Saat ini para muda mudi di Indonesia di tuntut untuk dapat berbahasa asing. Minimal kita bisa menguasai satu bahasa asing. Ada begitu banyak bahasa di dunia ini. Berikut adalah bahasa asing yang paling populer :
1.      Inggris
2.      Spanyol
3.      Prancis
4.      Mandarin










BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
       Penggunaan  bahasa asing di Indonesia sepertinya mengalami kenaikan yang cukup tinggi karena di zaman yang semakin maju ini membuat pelajar di Indonesia diharuskan untuk dapat  menguasai bahasa asing, karena di masa depan penggunaan bahasa asing akan sangat dibutuhkan dalam bekerja atau bersosialisasi di tingkat internasional. Jadi bukankah sangat membanggakan jika kita generasi muda mampu berbahasa asing dengan baik dan benar , Namun tanpa melupakan bahasa INDONESIA.













Daftar Rujukan

·                Adam, I. 2012. Bahasa Indonesia vs Bahasa Asing, (bahasa.kompasiana.com/2012/09/20/bahasa-indonesia-vs-bahasa-asing), diakses pada 24 Oktober 2012.
·                Alfitri, M. 2012. Definisi Bahasa, (lembagabahasa.com/language/definisi-bahasa), diakses pada 24 Oktober 2012.
·                Izzurel. 2012. Bahasa Asing yang Populer dan Tingkat Kesulitannya, (malesbanget.com/Bahasa Asing Yang Populer dan Tingkat Kesulitannya.htm), diakses pada 24 Oktober 2012.
·                Manis, K. 2009. Manfaat Belajar Bahasa Inggris, (kompiancur.blogspot.com/2009/05/manfaat-belajar-bahasa-inggris.html), diakses pada 24 Oktober 2012.
·                Misteri. 2012. 10 Bahasa Yang Paling Banyak Diminati di Seluruh Dunia, (inmystery.com/2011/01/10-bahasa-yang-paling-banyak-diminati.html), diakses pada 24 Oktober 2012.
·                Nasution, M.S. 2012. Pentingkah Kita Belajar Bahasa Asing?, (tritech.sch.id/page.php?pg=fitur&mod=artikel&id=123&title=Pentingkah-Kita-Belajar-Bahasa-Asing..?), diakses pada 24 Oktober 2012.
·                Rore, S.L. 2012. Pentingnya Bahasa Inggris dalam Era Global, (manado.tribunnews.com/2012/06/25/pentingnya-berbahasa-inggris-di-era-globalisasi), diakses pada 24 Oktober 2012.
·                Sari, W.S. 2012. Manfaat Belajar Bahasa Asing, (media.kompasiana.com/new-media/2012/04/25/manfaat-belajar-bahasa-asing), diakses pada 24 Oktober 2012.
·                Wikipedia. 2012. Bahasa, (id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_asing), diakses pada 24 Oktober 2012.
·                Yonanda. 2012. Manfaat Belajar Bahasa Inggris, (squidoo.com/manfaat-belajar-bahasa-inggris), diakses pada 24 Oktober 2012.

0 Response to "Tugas Makalah Bahasa Indonesia - Penggunaan Bahasa Asing di Indonesia"

Posting Komentar